Sabtu, 15 Januari 2011

HOT REVIEW: Brooklyn's Finest


Tidak ada cerita bahagia di dalam kehidupan seorang polisi di kota Brooklyn. Setidaknya itulah pesan pertama yang saya terima ketika menonton film terbaru karya Antoine Fuqua, Brooklyn's Finest. Sutradara yang pernah membawa aktor Denzel Washington meraih piala Oscar lewat Training Day ini kembali mengulang tema yang serupa di film ini. Kalau Anda telah menonton Training Day, Anda akan melihat bahwa tidak ada hal baru di Brooklyn's Finest. Kalau tidak bisa mengatakan lebih jelek dari Training Day, film ini lebih membosankan.


Genre film ini adalah drama aksi. Sebuah film yang mengumpulkan tiga cerita dari tiga karakter polisi (Richard Gere, Don Cheadle dan Ethan Hawke) yang kemudian digabungkan menjadi satu kesatuan. Namun anehnya, tidak ada keterkaitan yang berarti di antara tiga cerita ini. Saya sadar kalau film ini berusaha menunjukkan ironi kehidupan polisi dan berusaha untuk membandingkannya. Namun, tetap saja tidak ada benang merah di antara ketiganya. Satu dari sedikit benang merah yang menghubungkan tiga cerita di atas yaitu ketika mereka berada di  adegan terakhir yang terjadi di tempat yang sama. Dan itu pun terasa ganjil dan aneh. Saya tidak menceritakannya untuk menghormati peninton yang masih ingin menontonnya.


Walau suatu film memiliki tema yang suram, tapi selama masih memiliki kekuatan cerita yang membuat penontonnya betah, film itu masih akan bisa dibilang bagus. Brooklyn's Finest tidak memilikinya. Ceritanya nanggung dan pesan yang coba disampaikan pun terkabur. Terkabur oleh banyaknya dialog yang menggunakan kata-kata makian. Tidak ada pemeran yang berada di film ini yang tidak mengumpat F* word atau S* word. Walau sesuai realita namun dalam kacamata saya, porsinya terlalu berlebihan. Satu lagi, jangan terlalu berharap juga pada adegan aksinya. Kalau mau dibandingkan, genre drama aksi yang dimiliki film ini memiliki komposisi Drama 80% Aksi 20%. Cerita yang membosankan dan adegan aksi yang medioker. Itulah Brooklyn's Finest. Saya lebih menyarankan Anda menonton karya Antoine Fuqua yang lain, Training Day. Film dengan tema yang sama namun jauh lebih bagus (jak)

 Movie Pos Rating: 5/10 

 Film Brooklyn's Finest/ Training Day dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)