Rabu, 28 September 2011

Bagus/Nggak? - Colombiana

Tagline dari poster film ini adalah "Balas Dendam Itu Indah". Padahal sebenarnya tidak sama sekali. Tidak ada akhir bahagia dari sebuah cerita yang mengusung tema balas dendam.


Kalau Anda pernah membaca preview film ini di artikel Movie Pos beberapa waktu lalu, Anda pasti mengetahui kalau tema utama dari film ini adalah pembalasan dendam. Ketika berusia 9 tahun, Cataleya (Zoe Saldana) mendengar kedua orangtuanya ditembak mati oleh kerabat ayahnya. Tumbuh menjadi wanita dewasa, Cataleya memilih profesi sebagai pembunuh bayaran demi membalas dendam pada pembunuh kedua orang tuanya. Colombiana diawali dengan cuplikan adegan yang menggambarkan kehidupan di Kolombia. Seperti kebanyakan film hasil produksi Europa Corp, Colombiana ditampilkan dengan teknik editing yang memukau. Kombinasi gambar-gambar yang ditangkap oleh kamera dengan instrumen musik yang pas, mata dan telinga para penonton benar-benar dimanjakan.


Film ini sudah memancing adrenalin ketegangan pada awal cerita. Begitu seterusnya hingga akhir. Sosok Cataleya, sang karakter utama, begitu kuat menawan pikiran penonton. Penonton dipengaruhi untuk bersimpati pada kisah kelam hidupnya bahkan sejak Cataleya masih kecil. Ketika beranjak dewasa, cerita berpusat pada pekerjaannya sebagai pembunuh bayaran. Ada banyak adegan aksi yang cukup bagus sampai pada akhir film. Unsur dramatis coba disisipkan oleh pembuat film ketika Cataleya harus menghadapi kenyataan pahit hasil dari perbuatannya. Colombiana sebenarnya memberikan performa yang prima tapi sayangnya ada bagian cerita yang terkesan dipaksakan. Selain itu, praktis tidak ada unsur kejutan dalam film ini alias ceritanya biasa-biasa saja, hanya dikemas dengan baik saja.


Ada banyak adegan kekerasan dan sensualitas dalam film ini. Selain itu, pesan bahwa "balas dendam itu indah" harus diwaspadai oleh calon penonton dewasa. Jangan sampai membiarkan pikiran Anda gampang dipengaruhi oleh nila-nilai yang salah. Menonton untuk hiburan memang sah-sah saja, tapi Movie Pos yakin bahwa para penonton cukup bijak dalam menanggapi hal ini. Selamat menonton. (jak) 

 Movie Pos Rating: 7/10 
Rating: Dewasa
 Untuk kandungan kekerasan dan sensualitas

Untuk mengetahui jadwal nonton film ini, Anda bisa klik di sini