Selasa, 13 September 2011

HOT REVIEW: Captain America The First Avenger - "Retro Itu Keren!"

Film super hero dengan berbagai macam formula nya baik itu dari segi cerita, spesial efek maupun unsur-unsur lainnya sedang membius para penggemar film kebanyakan. Pada intinya, semua ceritanya sama, kebaikan melawan kejahatan dan pada akhirnya kebaikan yang menang. Pertanyaannya, mengapa para penonton tidak pernah bosan?


Para pembuat film tema super hero memiliki gudang ide yang tak terhitung. Banyak ide-ide tersebut mejadi produk gagal yang membosankan beberapa tahun lalu. Sebut saja Superman Returns karya Bryan Singer atau ini saja, yang paling parah...Batman and Robin yang muncul tahun 1997 lalu. Itu adalah mimpi buruk bagi para penggemar film super hero. Untunglah Christopher Nolan muncul sebagai bapak revolusioner dari film super hero. Sejak Batman Begins, kualitas cerita film super hero tidak kalah dengan kualitas film-film drama. Tongkat estafet terus berlangsung sampai yang terakhir ini Movie Pos menonton Captain America. 


Keberhasilan dari film semacam ini menghibur penonton bukan hanya terletak pada spesial efek bombastis atau pajangan para pemeran bintang terkenal. Itu sudah tidak musim, bung! Sekarang, film super hero dibuat lebih manusiawi dan para penonton yang menontonnya bisa serasa dekat dengan karakter super hero tersebut. Itulah yang dilakukan oleh Captain America. Ceritanya yang membumi serta tidak monoton membuat Movie Pos menjadi terus penasaran mengikuti adegan demi adegan. Plot ceritanya tak tertebak karena dari awal, sang super hero telah langsung dikonfrontasi dengan musuh utama. Justru ini yang menarik, seperti memakan makanan favorit perlahan-lahan, film ini menawarkan banyak adegan yang menarik baik itu adegan aksi maupun adegan pergumulan batin para pemerannya. Sayangnya unsur klise ala Hollywood tetap ada dalam film ini. Ada beberapa adegan yang terlalu dipaksakan walau tidak merusak keseruan menonton film ini. Kekurangan lainnya juga ada pada ending film. Banyak orang tahu kalau film ini adalah persiapan untuk menuju film mega proyek Avengers tahun depan tapi bagaimana dengan yang tidak tahu? Tidak ada penjelasan yang mumpuni bahwa tokoh utamanya akan bergabung dengan Iron Man, Thor, Hulk, dll. Agak anti-klimaks di bagian akhir.


Kesimpulannya, untuk kepentingan hiburan, Movie Pos puas menonton film ini. Tema cerita, adegan aksi serta para karakternya semuanya bagus. Chris Evans sangat pas memerankan Steve Rogers. Dialog-dialog ala Tommy Lee Jones pun menggelitik dan pemeran wanitanya (Hayley Atwell) juga memiliki karakter, bukan hanya jual tampang. Kekurangan yang ada pun masih bisa ditoleransi. Siapa bilang film super hero yang berasal dari jaman retro   itu basi? Captain America membuktikan bahwa senjata tameng besi berbintang tidak kalah dengan energi jet milik Iron Man. Selamat menonton! (jak)

 Movie Pos Rating: 8/10 
Rating: Bimbingan Orang Tua
 Untuk kandungan kekerasan dan karakter menyeramkan 

Untuk mengetahui jadwal nonton film ini, Anda bisa klik di sini