Kamis, 20 Oktober 2011

Bagus/Nggak? - Super 8

Sekelompok anak remaja dengan segala kekompakkan dan kelucuan mereka, berusaha untuk menghibur para penonton. Untungnya mereka nggak berjuang sendirian. Ada unsur fiksi ilmiah disertai spesial efek yang dahsyat menemani mereka. Begitulah kira-kira gambaran film Super 8.


Tema ceritaya biasa. Tentang adanya makhluk asing di bumi ini. Tema ini sudah sering dibuat. Namun, yang paling penting adalah bagaimana tema biasa ini dikemas dalam sebuah plot cerita yang bagus dan cerdas. Sayangnya, plot cerita Super 8 juga nggak bagus-bagus amat. Beberapa hal yang membuat film ini disukai oleh Movie Pos adalah para karakter yang ada. Sekelompok anak kecil dengan berbagai macam sikap berhasil membuat suasana hidup. Mereka begitu menghayati peran mereka padahal mereka masih tergolong muda. Selain itu, unsur dramatis yang menghiasi latar belakang dua karakter utama pun berhasil mengundang simpati Movie Pos. 


Cerita drama yang mengiring setiap karakternya membuat Super 8 bukan hanya sekedar film fiksi ilmiah mengenai alien yang dipenuhi efek-efek bombastis. Film ini memiliki jiwa berupa atmosfer yang membuat para penonton seakan terlibat bersama petualangan anak-anak remaja di film ini. Suasana ketegangan pun berhasil dibuat dengan baik. Cukup bagus untuk meneror pikiran penonton dengan hal-hal yang mengejutkan. Hal ini tidak lepas dari racikan tangan dingin sang sutradara JJ Abrams. JJ Abrams, dari segi teknis yang dimiliki, sudah menjadi sutradara muda handal yang bisa memberikan jaminan. Pertanyaannya, atmosfer dalam film yang bisa mengundang simpati penonton bukanlah hal yang teknis. Faktor ini memerlukan insting dan perasaan sang sutradara. Unsur ini dimiliki oleh Steven Spielberg yang menjadi produser film ini. Mungkin saja JJ Abrams sering berdiskusi dengan Steven Spielber ketika membuat Super 8. Diskusi yang memberikan hasil bagus.


Super 8 dapat ditonton oleh semua usia selama mendapat bimbingan orang tua sesuai rating film ini. Selain adanya gambar, suasana dan karakter yang menyeramkan, film ini juga disertai dengan beberapa dialog tidak pantas yang diucapkan para remaja. Waspadalah akan hal ini orang tua. Mari kita menonton film untuk hiburan namun tetap disertai kewaspadaan terhadap setiap pesan negatif yang dapat memberikan pengaruh buruk. Selamat menonton. (jak)


 Movie Pos Rating: 8/10 
Rating: Bimbingan Ortu
Untuk karakter menyeramkan dan beberapa referensi kata yang tidak pantas untuk remaja

Untuk mengetahui jadwal nonton film ini, Anda bisa klik di sini