Selasa, 29 Mei 2012

Bagus/Nggak? - Men In Black 3

Film ketiga Men In Black kali ini bukan hanya menonjolkan adegan aksi, humor ala Will Smith, ataupun kecanggihan teknologi khas fiksi ilmiah seperti pada dua film sebelumnya. Ada sentuhan drama di film yang diproduseri oleh Steven Spielberg tersebut.


Unsur drama ini lah yang menjadikan film ini disukai Movie Pos. Unsur drama yang mengeksplorasi masa lalu Agen K (Tommy Lee Jones) sungguh ditempatkan dalam porsi yang pas oleh sang sutradara Barry Sonnefeld. Pendekatan personal ini terbukti jitu karena para pecinta film lama kelamaan akan muak apabila menonton film aksi yang hanya dipenuhi oleh hingar bingar efek visual saja. Men In Black 3 memenuhi kualifikasi ini. Film ini nggak hanya modal spesial efek saja, tapi memiliki kualitas premis dan plot cerita yang bagus dan tidak membosankan. 

Memang tidak mudah membuat film sequel atau triquel. Musuh pertama yang harus dihadapi adalah, asumsi buruk dari para penonton yang menuding para produser hanya memaksakan pembuatan film untuk mengeruk keuntungan. Oleh karena itu sangat jarang film sequel maupun triquel yang lebih bagus dari film pertamanya. Fakta ini membuat sutradara harus memutar roda ide yang ada di pikirannya dengan kencang supaya filmnya tidak gagal. Men In Black 3 hadir dengan sentuhan yang fresh. Film ini tidak terjebak dengan dua film sebelumnya namun hadir dengan tema cerita yang berbeda. Bayangkan, ini film yang bersetting di masa depan tapi karakternya malah melakukan perjalanan waktu ke masa lalu. Tidak ada sangkut pautnya dengan masa sekarang sama sekali. Sebuah ide yang bagus.


Kelemahan Men In Black 3 terletak pada kesan "santai" yang melekat pada karakter-karakternya. Dengan situasi bumi yang terancam, para pemeran di film ini terkesan santai dalam menanggapinya. Akibatnya, film ini terkesan sebagai film komedi yang tidak serius padahal tema ceritanya cukup serius. Pesan terakhir, walau film ini memiliki rating "Bimbingan Ortu", sejatinya film ini ditujukan untuk orang dewasa mengingat banyak adegan mengerikan dalam sisi alien serta sedikit sensualitas yang tampil di awal film. Hati-hari buat orang tua yang akan mengajak anak di bawah umur untuk menonton film ini. (jak) 

 Movie Pos Rating: 7/10 
Rating: Dewasa
(karakter mengerikan dan kandungan sensualitas pada awal film)
Untuk mengetahui jadwal nonton film ini, Anda bisa klik di sini



 Film Men In Black 1 & 2 dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)