Kamis, 04 November 2010

Keberanian, Persahabatan, Pengabdian dan Cinta

Hua Mu Lan, begitu banyak hal yang ingin dituangkan, sampai-sampai bingung mau mulai dari mana...
I will share my thought about this OUTSTANDING movie!!!! WAJIB TONTON!!!!

Film Hua Mu Lan ini merupakan adaptasi kisah kepahlawanan China, baru rilis November 2009 lalu, dengan bintang utama Vicky Zhao. Well, sebagai salah satu penggemar film yang mengedepankan Girl Power dan Zhao Wei, tentunya saya cukup menantikan film ini. Meski pada dasarnya saya ngga begitu suka film epik perang. Apalagi setelah melihat trailernya, Hua Mu Lan cukup berbeda dari Mulan versi Disney. Sekitar 3/4 film merupakan adegan perang.

Dan ternyata.... Film ini sangat menyentuh. Entah apakah memang film perang selalu kental dengan nuansa kemanusiaan. Bagi saya pribadi, film ini merupakan film full drama, yang terbalut dalam adegan dan suasana perang. Begitu banyak nilai-nilai kehidupan yang tersirat di sini. Keberanian, profesionalitas, persahabatan, pengabdian, dan cinta. Semuanya tergambarkan dengan pemaknaan yang baru.

Keberanian adalah keberanian yang berbicara pekara keputusan hati, bukan sifat dasar kepribadian orang.

Persahabatan adalah persahabatan yang terasa 'mengharukan' ketika kita harus tetap profesional dan tidak subjektif di tengah perang.

Pengabdian adalah pengabdian, tidak peduli seberapa hancurnya kondisi sekitar kita, seberapa melesetnya strategi dan otoritas kita, yang tersisa adalah pengabdian diri kita sendiri kepada siapa kita mengabdi.

Cinta adalah cinta, bukan hanya perkara memiliki dan tidak memiliki ketika itu telah menjadi satu-satunya harapan hidup di tengah keganasan perang, satu-satunya bukti bahwa 'aku masih manusia.'

"Bukan hanya perkara 'aku' dan 'dia.' Ketika apa yang diputuskan hari ini, merupakan kesejahteraan seisi negara."
 

Ditulis oleh : Valen
(valen_cia@moviepos.net)

 Film Hua Mu Lan dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)