Senin, 27 Desember 2010

7 Film Paling Berkesan 2010


Di tahun ini, banyak film bagus yang telah memberikan pengalaman berkesan. Sekali lagi, saat ini menonton film bukan hanya menjadi sebuah kegiatan untuk mencari hiburan semata. Menonton film telah menjadi sebuah pencarian pengalaman yang belum pernah dialami. Menonton film bukan hanya menjadi gaya hidup tapi telah menjadi bagian dari hidup. Film yang berkesan belum tentu adalah film terbaik dari semua segi tapi film yang memberikan pengalaman yang membekas dan tidak gampang dilupakan. Nah, berikut ini adalah 7 film yang paling berkesan versi Movie Pos di tahun 2010.

7. The A-Team
Nggak ada plan B dalam tim ini!

Terus terang, Saya bosan dengan formula template dari film aksi ala Hollywood. Itu-itu aja dan gampang ditebak. Tapi The A-Team menawarkan sesuatu yang baru. Selain memiliki aksi bombastis, humor segar, para karakter yang gampang disukai, film ini juga memberikan cara penyampaian cerita yang cerdas dan penuh dengan strategi ulung. Boleh dibilang, ngalahin lawan nggak pake otot doang tapi juga pake otak. Sayang banget, nggak semua orang suka dengan film ini. Hal ini terlihat dari pendapatan box office yang tidak sesuai harapan (di bawah 100juta US dollar). Walaupun begitu, di mata Movie Pos, The A-Team tetap T O P.

6. Toy Story 3
Mainan pun punya perasaan

Saya membaca salah satu dari begitu banyak review positif mengenai Toy Story 3. Review itu mengatakan kalau film ini bahkan bisa membuat orang dewasa pun menangis. Well, saya tidak sampai menangis ketika menontonnya tapi saya mendapatkan pengalaman yang menakjubkan dan menyentuh dari film yang notabene ditujukan untuk anak-anak. Pixar seakan ingin mengatakan bahwa film animasi (mainan) pun bisa menyentuh perasaan manusia dewasa yang paling dalam. Plot cerita yang sempurna dengan klimaks yang begitu spektakuler. Masterpiece!

5. Shutter Island
Orang ini RESMI jadi aktor drama kelas dunia, titik.

Ada dua hal yang paling menonjol dari Shutter Island. Pertama tentu saja ceritanya yang brilian. Kedua, akting prima dari Leonardo DiCaprio. Shutter Island merupakan film yang "menyandera" perhatian Anda dari awal hingga akhir. Saya sangat sebel karena sebelum menonton film ini, ada teman saya yang membocorkan akhir ceritanya (Ugh!). Pada akhirnya, banyak yang bilang film ini membosankan banget tapi banyak juga yang bilang film ini jenius. Movie Pos termasuk dalam golongan yang terakhir.

4. Unstoppable
Kisah Nyata + Aksi Menegangkan + Sinematografi dan Editing Nomor Wahid

Berlebihan pujian (terutama dari Movie Pos)? Cerita datar yang biasa? Bisa jadi Unstoppable bukanlah film sempurna yang layak masuk dalam top 7 ini. Tapi pengalaman yang dialami Movie Pos ketika menonton film karya Tony Scott ini adalah alasan Unstoppable berada pada urutan keempat. Sebuah kisah nyata luar biasa  (bukan fiksi murahan) yang diceritakan dengan seni pengambilan kamera dan visual editing yang tiada duanya. Unstoppable layak dapat bintang!

3. HP and the Deathly Hallows Part 1
Sebuah jembatan sempurna untuk akhir dari sebuah maha karya!

Tidak diragukan lagi, Harry Potter and the Deathly Hallows bagian pertama telah berhasil memberikan sebuah pondasi yang kokoh untuk bagian kedua/terakhir nanti. Walaupun harus menunggu tetapi keputusan untuk memecah seri ketujuh ini menjadi dua bagian sangatlah tepat. Hasilnya sang sutradara, David Yates, dapat lebih leluasa untuk memvisualkan novel fenomenal ini. Akting yang matang, penataan cerita yang rapi dan visual yang prima, membuat Harry Potter 7 Part 1 ini layak berada di posisi ketiga.  

2. How To Train Your Dragon
 
Mungkin, film animasi terbaik yang pernah Saya lihat!

Kalau bukan yang terbaik, How To Train Your Dragon adalah salah satu film animasi terbaik dalam sejarah Saya menonton film. Sebuah karya ajaib dengan penuturan cerita yang jujur serta aksi-aksi visual yang menakjubkan. Saya sudah pernah melihat Finding Nemo, Spirited Away, Up, Wall-E, bahkan Toy Story 3 tapi tidak ada yang bisa mengalahkan petualangan ajaib Hiccup ini. Film yang sudah pasti akan saya rekomendasikan pada anak saya kelak :P    

1. Inception
Last Question: Mimpi atau Nyata?

Begitu lama para pecinta film merindukan sebuah karya orisinil yang bukan sequel, adaptasi maupun remake. Inception tidak hanya menjawab kerinduan itu tapi juga memberi lebih dari itu. Inception memberikan para penontonnya sebuah pemahaman intelektual yang belum pernah diberikan film lainnya. Sebuah revolusi cara berpikir mengenai bagaimana kita memandang/mempersepsi sebuah cerita dalam film. Tidak mudah bagi  sebuah film untuk mendapatkan tanggapan positif dari box office dan kritikus. Inception mendapatkan keduanya. Saya berdoa film ini mendapatkan Oscar 2010 sebagai film terbaik. Satu lagi, Christopher Nolan itu Albert Einstein-nya dunia film.


 Film-Film di atas kecuali Unstoppable dan HP 7 dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)