Selasa, 18 Januari 2011

HOT REVIEW: The Legend Is Born - Ip Man

Coba perhatikan, kalau ada satu film yang sukses besar, beberapa waktu kemudian pasti muncul sequel, triquel atau bahkan prequel-nya. Seperti yang kita ketahui bersama, film Ip Man pertama yang dirilis tahun 2008 menuai sukses besar. Tidak hanya orang Asia saja yang menyukainya tapi orang-orang barat juga memuji habis film yang diperankan Donnie Yen ini. Dua tahun kemudian, seperti diduga, muncul sequelnya dan hebatnya film ini juga sukses. Dua film tersebut tidak bisa dipungkiri memang merupakan film bela diri yang menghibur sekaligus berkualitas. Nah, dari sinilah muncul film Ip Man versi lain berjudul The Legend Is Born : Ip Man. 


Dirilis di tahun yang sama dengan Ip Man 2 (tahun 2010), film ini menceritakan kisah sebelum Ip Man pertama alias prequelnya. Jujur, kesan negatif pun bermunculan ketika melihat poster film ini. "Film kelas B yang dibuat untuk aji mumpung" atau "Duh, film ini nebeng kesuksesan Ip Man versi Donnie Yen". Yup, pemeran Ip Man dalam film ini bukanlah Donnie Yen melainkan Dennis To. Aktor tak terkenal yang saya pikir waktu itu tidak akan bisa menandingi Donnie Yen. Karakter Ip Man sudah terlanjur melekat sangat kuat pada Donnie Yen dan seakan mustahil untuk membayangkan sosok Ip Man diaminkan oleh aktor lain.


Walau dipenuhi dengan berbagai asumsi negatif, pada akhirnya Saya nonton juga. Setelah menontonnya selama 100 menit, Saya kemudian menemukan bahwa Saya telah salah menilai film ini. Film ini bagus! Bukan film yang dibuat asal-asalan melainkan sebaliknya. Film ini dibuat begitu detail dari karakter, setting tempat dan yang paling utama, ceritanya. Cerita film ini sangat berbobot dan enak untuk diikuti membuatnya seimbang dengan adegan-adegan kung fu yang ada. Film ini juga kaya akan adegan dramatis dari sisi cerita maupun setiap karakter tokoh yang ada. Sang pemeran utama Dennis To, yang sebelumnya saya ragukan, ternyata tampil prima. Ekspresi wajah, pembawaan diri serta gaya kung fu-nya berhasil merepresentasikan sosok Ip Man versi Donnie Yen.


Bagi penggemar Ip Man, Anda wajib nonton film ini untuk mengetahui lebih dalam menganai latar belakang hidupnya. Jangan ragu atau salah menilai seperti Saya pada awalnya. The Legend Is Born : Ip Man bukan film kelas B yang aji mumpung tapi memang film bagus. Layak tonton bagi Anda penyuka film kung fu.

 Movie Pos Rating: 8/10 

 Selain dapat ditonton di bioskop, 
 film The Legend Is Born: Ip Man juga dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)