Sabtu, 19 November 2011

Bagus/Nggak? - Contagion

Satu virus, jutaan kematian.


Ini adalah premis utama dari film karya Steven Soderbergh. Dari judulnya saja, kita bisa menebak kalau film ini bercerita mengenai penyebaran penyakit yang menjadi epidemi dan merenggut banyak nyawa. Sangat jarang sebuah fenomena kesehatan diangkat menjadi premis sebuah film. Kehadiran Contagion cukup positif bagi keragaman film yang akan ditonton oleh pecinta film. Plot cerita film ini berpindah-pindah dari satu karakter ke karakter lainnya. Ada beberapa adegan flashback yang menjelaskan asal mula permasalahan yang terjadi. Tema yang seru dan pergerakan plot yang maju mundur ini seharusnya memiliki potensi untuk mengajak adrenalin atau emosi penonton untuk bermain-main. Namun sayangnya Contagion tidak mememnuhi potensi ini. Film ini terkesan datar seperti film dokumenter.



Hal ini mungkin diakibatkan karena terlalu banyaknya karakter yang ditampilkan dalam film. Kalau boleh dikata, tidak ada karakter utama dalam film ini. Semua pemeran mendapat porsi yang sama. Mungkin ini menjadi kesulitan bagi sutradara untuk mengembangkan cerita dan karakter yang ada. Sangat disayangkan karena Contagion semestinya dapat menjadi lebih dramatis dan berkesan. Untuk akting para pemerannya yang top, Movie Pos menilai biasa-biasa saja. Bukan karena kualitas akting mereka jelek. Tapi karena naskah filmnya yang tidak mengijinkan mereka untuk mengembangkan karakter mereka. Alhasil, film yang dari awalnya datar-datar saja ini berakhir dengan antiklimaks.


Bagi yang ingin mencari tema baru untuk ditonton, Contagion dapat menjadi pilihan. Walaupun datar dan mudah dilupakan, sebenarnya Contagion juga tidak jelek-jelek amat. Selamat menonton. (jak)

 Movie Pos Rating: 6/10 
Rating: Bimbingan Ortu

Untuk mengetahui jadwal nonton film ini, Anda bisa klik di sini