Jumat, 02 Desember 2011

Bagus/Nggak? : Machine Gun Preacher

Salah satu kalimat dalam dialog film The Dark Knight mengatakan bahwa kita dapat menjadi orang jahat atau menjadi orang baik yang perlahan-lahan menjadi jahat. Pertanyaannya, apakah hanya itu pilihannya? Bisakah kita menjadi orang baik yang tetap menjadi baik sampai seterusnya?


Machine Gun Preacher adalah potret dari seorang yang berasal dari dunia nyata, Sam Childers. Premis film ini berpusat pada kehidupan Sam yang membawa para penonton untuk memberikan penilaian akan benar atau salah pada apa yang dilakukan oleh Sam. Sangat gampang bagi kita untuk menilai kehidupan orang lain tanpa kita mengalami sendiri apa yang menjadi dilema bagi orang tersebut. Movie Pos yakin bahwa apa yang ingin disampaikan oleh film ini pada penonton adalah bukan mengenai menilai benar salah tapi lebih pada mengajak penonton untuk melihat diri mereka sendiri dan berpikir, "apa yang akan aku lakukan apabila aku adalah Sam Childers?"


Penyampaian cerita yang bagus ini diiringi oleh karakter yang kuat dari tokoh utamanya. Gerard Butler tampil percaya diri memerankan sosok Sam Childers. Tampaknya Mister Butler memang terlahir untuk peran ini. Tidak ada unsur dipaksakan dalam aktingnya. Aktor yang pernah bermain sebagai Raja Leonidas di 300 ini berakting secara alami seolah karakter tersebut adalah bagian dari dirinya. Machine Gun Preacher adalah film drama bertema berat. Film ini bukan film aksi yang bersifat menghibur. Film ini adalah film yang akan mengajak penontonnya untuk berpikir dan merenung. Penggunaan kata "machine gun" di sini bukan menunjukkan betapa bombastisnya film ini. Jangan sampai salah menetapkan harapan ketika akan pergi menonton atau Anda akan kecewa.


Machine Gun Preacher tidak cocok ditonton oleh anak-anak atau remaja di bawah umur. Selain temanya yang berat, film ini juga menampilkan adegan-adegan kekerasan, perang, kata-kata sumpah serapah, dan sensualitas. Di luar dari semua itu, film ini adalah film yang cukup baik. Movie Pos banyak merenungkan mengenai cerita film ini setelah keluar dari gedung bioskop. Machine Gun Preacher akan menimbulkan kesan kuat yang tak mudah dilupakan. (jak)

 Movie Pos Rating: 7/10 
Rating: Dewasa
Untuk beberapa adegan kekerasan, kata-kata sumpah serapah,
gambar mengerikan dan sensualitas

Untuk mengetahui jadwal nonton film ini, Anda bisa klik di sini