Senin, 16 Januari 2012

Bagus/Nggak? - 5 Days of War

5 Days of War adalah sebuah film yang jauh dari hingar bingar ekspos media. Film ini juga bukanlah produksi dari studio-studio film besar dan juga tidak diperankan oleh aktor dan aktris terkenal (kecuali Andy Garcia dan Val Kilmer). Tapi di luar dugaan, film ini sarat dengan adegan dramatis yang berhasil memukau Movie Pos.


Apa yang diharapkan dari sebuah film yang bersettingkan peperangan. Berbagai adegan dramatis pasti menghiasi film tersebut. Mulai dari pengorbanan, sisi kemanusiaan yang dibenturkan, sampai pada peristiwa tragis selalu ada di film-film tema perang. 5 Days of War termasuk salah satunya. Sekilas film ini tidak ada bedanya dengan film-film tema sejenis, tapi Movie Pos tetap ingin memberikan kredit pada para pembuatnya yang telah serius mengolah film ini menjadi sebuah tontonan yang berbobot. Setelah Movie Pos teliti, bujet untuk membuat film ini "hanya" 20 juta US Dollar, jumlah yang sangat kecil untuk membuat film tema peperangan. Tapi jangan salah, adegan-adegan ledakan dan peralatan tempur tetap tampil bagus. Ini adalah kejutan pertama dari film berbujet sederhana.


Kejuta kedua adalah ceritanya. Walau ceritanya biasa-biasa saja, tapi plotnya dibuat sedemikian rupa sehingga Movie Pos menjadi terbawa suasana film. Ketegangan yang ada di dalam film ditransferkan sempurna pada para penonton. Para karakter yang berakting dengan meyakinkan juga berhasil mencuri simpati Movie Pos yang berharap-harap agar mereka tidak tertangkap. Film yang didasarkan dari kisah nyata ini ingin memberikan pesan bahwa peperangan adalah mimpi buruk bagi umat manusia. Perang adalah neraka dunia ini dan tidak ada satupun yang diuntungkan dari peperangan. Sang pemenang perang pun ikut merasakan kepiluan dari pihak yang kalah. Selalu ada korban yang tragis dari peperangan. Selain itu, film ini juga menampilkan potret dari sikap profesionalitas dan integritas yang diusung para wartawan perang yang terlibat di dalam perang tersebut. Walau mereka tidak memegang senjata, integritas dan keberanian mereka adalah senjata yang sangat berbahaya bagi tirani. 5 Days of War menyampaikan pesan-pesan ini dengan sangat baik. 


Para pembaca, Movie Pos ingin merekomendasikan film ini sebagai salah satu tontonan kalian ketika datang ke bioskop. Mungkin film ini bukanlah film besar yang mewah dengan spesial efek ledakan atau nama-nama bintang film yang mentereng, tapi film ini bisa menimbulkan kesan yang kuat pada Anda. 5 Days of War, sebuah film sederhana yang di luar dugaan merupakan film yang bagus.

 Movie Pos Rating: 8/10 
Rating: Dewasa
(untuk adegan kekerasan perang)
Untuk mengetahui jadwal nonton film ini, Anda bisa klik di sini