Jumat, 06 Januari 2012

Bagus/Nggak? - The Darkest Hour

Betapa menyegarkan menyaksikan film serangan alien yang settingnya bukan di kota New York atau Los Angeles. Film The Darkest Hour akan membawa kita ke ibukota Rusia di Moskow.


Suasana yang baru memang membantu membuat penonton merasakan sensasi yang berbeda. Setting kota Moskow yang misterius dan jarang dilihat oleh para penonton film adalah keputusan tepat yang dibuat para pengerja film ini. Walau dengan modal pas-pasan untuk film genre ini, The Darkest Hour tampil cukup percaya diri. Spesial efeknya memang tidak mengecewakan meskipun bentuk Alien yang tak nampak terlihat sebagai upaya penghematan biaya pembuata efek CGI. Tak disangka, keputusan pembuat cerita untuk membuat karakter alien menjadi tak terlihat menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini menambah intens ketegangan, baik dari para karakter pemeran dalam film maupun para penonton. Tapi lebih dari semuanya itu, hanya dua hal tersebut yang bisa dibilang lumayan oke.


Memang sosok alien yang tak terlihat bisa membuat penonton menjadi tegang, namun ketegangan yang telah disediakan tidak didukung dengan pembangunan polt cerita yang baik. Plot cerita The Darkest Hour terkesan dangkal. Cerita menjadi antiklimaks ketika film masih berjalan separuh durasi. Setelah itu, adegan-adegan yang ada malah terlihat sebagai upaya pengulur waktu yang juga nanggung. Memang harus diakui dalam film ini terdapat beberapa adegan tak terduga yang membuat penonton semakin penasaran. Tapi hal itu pun tak banyak membantu keseluruhan cerita yang lemah. Para pemeran film ini pun sama saja. Peran mereka tidak berkembang dari awal cerita sampai habis. Peran mereka sangat gampang. Berlari, berteriak, dan berlari lagi. Tidak ada dinamika psikologis yang bisa membantu cerita.


The Darkest Hour merupakan film nanggung yang mencerminkan ketidakseriusan para pembuat film ini. Para produser seakan setengah hati mebuat film ini. Jangan heran kalau penghasilan box office nanti juga setengah hati(jak)

 Movie Pos Rating: 5/10 
Rating: Bimbingan Orang Tua
(untuk adegan kekerasan dan gambar menyeramkan)
Untuk mengetahui jadwal nonton film ini, Anda bisa klik di sini