Jumat, 10 Februari 2012

Bagus/Nggak? - Chronicle

Tahun 2012 baru saja memasuki bulan kedua, namun Chronicle telah berada dalam antrean untuk menjadi salah satu film terbaik di tahun ini.


Menonton Chronicle adalah sebuah pengalaman yang seluruhnya baru bagi Movie Pos. Kekuatan utama film ini ada pada tema ceritanya dan bagaimana tema tersebut dieksekusi menjadi sebuah cara bertutur yang revolusioner. Film ini menghantam semua pakem standar pembuatan film baik itu dari pengambilan gambar maupun editing. Sempat tertatih-tatih pada 20 menit pertama, Chronicle cukup beruntung karena penonton tidak dibuat bosan dan pergi meninggalkan gedung bioskop. Walau agak sedikit terlalu lama dalam menampilkan sisi menarik yang telah ditunggu-tunggu (apalagi kalau bukan penampilan para karakter dengan kekuatan super mereka) namun sang sutradara memiliki maksud dalam melakukannya. Dalam menjalani debut penyutradaraan film layar lebarnya, Josh Trank ingin membangun latar belakang karakter yang kuat pada awal film sehingga akhir film akan menghasilkan sebuah klimaks yang luar biasa. Dia berhasil melakukannya.


Menurut sumber informasi, Chronicle hanya diproduksi dengan bujet 12 juta US Dollar. Jumlah yang kerdil untuk sebuah produksi film aksi ilmiah yang bertemakan kekuatan super hero. Fakta ini menjadikan Chronicle manjadi super hero dalam visual efeknya, Bagaimana mungkin dengan dana semepet itu dapat menampilkan visual efek yang nyata? Chronicle bisa melakukannya. Adegan terbang dan pamer kekuatan super hero lainnya ditampilkan dengan begitu bagus. Para pemeran pun sebenarnya tak perlu berakting karena mereka seperti bermain di film dokumenter yang merekam semua perbincangan dan tingkah laku secara alami seolah-olah mereka melakukan kegiatan sehari-hari. Meskipun begitu, pemeran karakter utama berhasil mencuri perhatian dengan akting emosionalnya. Cara-cara yang tak biasa dalam mempresentasikan film membuat rasa penasaran terus bertambah seiring durasi 84 menit bergulir. Dan seiring film mendekati akhir cerita rasa penasaran tersebut dijawab dengan sangat memuaskan.


Bagi yang agak bosan dengan penampilan film superhero yang menggunakan formula cerita itu-itu saja, Chronicle sangat cocok bagi Anda. Rasakan pengalaman yang benar-benar baru dengan menonton film ini.  Chronicle berpotensi kuat untuk menjadi kuda hitam pada tahun 2012 ini. Satu film berkualitas telah lahir di tahun 2012 ini, film-film apa yang akan menyusul? (jak)

 Movie Pos Rating: 9/10 
Rating: Dewasa
(Kandungan adegan kekerasan)
Untuk mengetahui jadwal nonton film ini, Anda bisa klik di sini