Kamis, 09 Februari 2012

Perpaduan Antara Kegilaan, Kebodohan, Dan Tentu Saja, Cinta


Ini film yang bertaburan nama besar Hollywood dan yang hasilnya tidak terlalu buruk. Kali ini aktor yang biasa main dalam film komedi Steve Carell dipasangkan bersama aktris anggun Julianne Moore yang terbiasa di jalur drama. Ceritanya dimulai dengan momen awkward sepasang suami istri, di mana sang istri Emily Weaver (Julianne Moore) sepulang makan malam berdua dengan suaminya, Cal Weaver, ingin mengakhiri pernikahan mereka. Cal loncat keluar saat mobil masih melaju. Mereka pulang ke rumah dan memberi pengumuman pada babysitter putra-putri mereka, Jessica (Annaleigh Tipton-nya America's Next Top Model), yang ternyata naksir Cal. 


Peristiwa lainnya melibatkan Hannah (Emma Stone) yang mendambakan pernikahan dengan pacarnya yang belum siap, Richard (Josh Groban jadi law student dan tidak semuram lagunya di sini). Lalu ada seorang pria yang tampilannya memenuhi kriteria womanizer, Jacob (Ryan Gosling), yang menurut Hannah abdomen-nya seperti di-photoshop. Jacob menemukan Hannah di sebuah bar dan tertarik dengannya tapi Hannah benci gombalan sampai akhirnya ia menyadari tidak semua yang menggombal itu menyebalkan dan tidak semua well-educated man itu cocok dengannya. 


Jacob sepertinya spesialis di bar dan menggunakan keahliannya untuk menolong Cal yang ditemuinya dalam keadaan tipsy, helpless, dan terus-terusan mengeluh mengenai istrinya yang dicuri oleh rekan kerjanya yang namanya susah disebutkan, David Lindhagen (Kevin Bacon). Bagian dimana Cal diajari Jacob menarik perempuan-perempuan di bar untuk berkencan begitu stereotipikal ala adegan makeover The Princess Diaries. Meanwhile, adegan putra Cal yang masih pra remaja naksir dengan babysitter-nya yang berusia 17 tahun padahal pengasuhnya itu benar-benar naksir ayahnya lebih kocak dinikmati. Kelucuan terus memuncak di bagian akhir film di mana semua nama-nama besar yang ada di poster film berkumpul dalam satu scene dengan memerankan karakter-karakter yang punya kepentingan sendiri. Ada sedikit kejutan serba kebetulan yang menambah serunya penyelesaian konflik ini. Menurut saya, eksekusi film ini lebih tertata daripada buatan Garry Marshall bertaburan bintang (bukan Pretty Woman!) yang mungkin membuat penonton waktu selesai nonton lebih ingat dengan kemunculan para bintangnya daripada jalan ceritanya itu sendiri. Padahal sutradara (Cats & Dogs) dan penulis (Tangled) film ini hanya berbekal filmografi film keluarga yang biasa-biasa saja. Selamat menonton :)

Artikel ditulis oleh: Jessica Hanafi 

 Film Crazy Stupid Love dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)