Rabu, 25 Juli 2012

Tujuh Film Terbaik Karya Christopher Nolan


Pria kelahiran London tahun 1970 ini benar-benar sedang berada di puncak kehebatannya. Kejeniusannya dalam merangkai cerita dan menyutradarai film memang sangat berkelas. Bagi yang kepincut dengan The Dark Knight Rises, Anda tentu tak akan melewatkan film-film lain karya Christopher Nolan. Masih dalam hingar bingar The Dark Knight Rises, berikut tujuh film terbaik karya Christopher Nolan.

7. Insomnia (2002)
Al Pacino memerankan seorang polisi detektif yang dikirim ke daerah terpencil untuk menyelidiki kasus pembunuhan yang didalanghi oleh Walter Finch (Robin Williams). Namun usahanya menemui halangan karena sang detektif mengalami gangguan psikologis akibat pengalaman masa lalunya yang kelam. Film ini merupakan film ini merupakan satu-satunya film yang naskahnya tidak ditulis oleh Christopher Nolan. (Rating 7/10)

6. Batman Begins (2005)
Awal mula dari sebuah trilogi yang akan menjadi legenda di dunia perfilman. Batman Begins bukan hanya menjadi penyegaran ide untuk film Batman, namun untuk film-film superhero lainnya. Perekenalan Christian Bale menjadi Bruce Wayne pun berjalana dengan sangat mulus. (Rating: 8/10)

5. The Prestige (2006)
Hal paling menarik dalam film ini adalah adu akting antara dua pemeran utama, Christian Bale dan Hugh Jackman. Dua aktor kelas atas ini berakting dengan sangat baik untuk menggambarkan persaingan mendarah daging antar dua pesulap ulung. Filmnya sendiri menghadirkan kejutan khas Christopher Nolan di akhir cerita. Sayangnya, penghasilan box office film ini tidak se-spektakuler ceritanya. Mengapa hal itu terjadi? masih misteri. (Rating: 8/10)

4. The Dark Knight (2008)
Sequel Batman Begins ini mematahkan mitos bahwa film sequel tidak akan sebagus film pertamanya. The Dark Knight malah tampil percaya diri dengan melampaui kualitas film sebelumnya. Dengan plot cerita tak terduga dan akting brilian para pemainnya, The Dark Knight sempat membuat heboh tahun 2008. Banyak penggemar film yang menyayangkan film ini tidak memenangkan Piala Oscar untuk kategori film terbaik tahun itu. (Rating: 9/10)

3. Memento
Kalau biasanya urutan cerita adalah dari depan sampai belakang, "Memento" malah sebaliknya. Adegan pertama dalam film ini adalah akhir cerita. Mundur terus sampai pada adegan terakhir yang merupakan awal cerita. "Memeto" memiliki ending yang bahkan bisa membuat anak kecil yang menangis menjadi terdiam! Salah satu masterpiece dalam dunia perfilman. Memento merupakan film yang nyaris sempurna, sekaligus membuat nama Christopher Nolan mulai diperhitungkan.(Rating:9/10)



2. Inception
Masterpice lain dari Christopher Nolan. Inception membawa Christopher Nolan mempertegas reputasinya sebagai salah satu sutradara terbaik di dunia perfilman. Inception memberikan sebuah konsep yang jauh di luar kotak pemikiran orang biasa. Konsep ide yang dimiliki Inception sangat sulit untuk diulangi oleh fiolm-film lainnya. Sebuah film aksi yang memiliki konsep tiada duanya. (Rating: 10/10)

1. The Dark Knight Rises
Puncak karya Christopher Nolan. Film terakhir dari trilogi Batman ini merupakan karya agung yang akan membekas di kepala para pecinta film selama beberapa dekade. Film ini sudah masuk dalam  kategori legenda, bersanding dengan kary-karya terbaik sejarah Hollywood. The Dark Knight Rises, the best! (Rating:10/10)

Sekarang, kita sebagai pecinta film hanya akan menunggu apa karya film Christopher Nolan berikutnya. Bagi yang sudah tak sabar, penantian Anda akan terobati tahun depan dengan film Superman: Man of Steel. Namun dalam film ini, Christopher Nolan tidak duduk di kursi sutradara. Dia hanya bertindak sebagai produser dan salah satu penulis naskah. Meskipun begitu, dari trailer perdana Man of Steel yang baru dirilis beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa aroma Christopher Nolan bakal terasa di situ. Well, silahkan beristiraat Maestro, segarkan pikiranmu dan kami tunggu karya-karya jenius Anda sebagai sutradara di film-film berikutnya. Bravo!

 Semua Film di atas (kecuali Memento) dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)