Selasa, 11 September 2012

Rocky Balboa (2006): Pelajaran Moral Dari Seorang Juara Sejati

Melawan kekejaman dunia bukan semata seberapa keras kamu memukulnya, tetapi seberapa keras kamu menerima pukulannya dan masih bisa berdiri lagi.


Rocky Balboa. Sebuah film yang waktu pertama kali mendengarnya langsung mengundang kalimat sinis, "Ngapain film yang udah lama mati dibikin lagi?". Cerita apalagi yang bisa ditawarkan setelah lima film Rocky sebelumnya telah beredar? Namun ketika menontonnya, film Rocky Balboa layak untuk mendapatkan kesempatan kedua. Di luar dugaan, film ini dengan jujur menyatakan cerita seorang petinju yang memasuki usia tua-nya. Film ini jauh dari kata membosankan karena Sylvester Stallone memerankan karakter Rocky dengan segenap hatinya dan usahanya itu bisa dirasakan para penontonnya. Karakter Rocky yang memang sudah tua, lemah, kesepian, dan rapuh berhasil ditampilkan dengan akting yang menawan. Banyak nilai-nilai moral yang disampaikan lewat film ini.


Semakin dewasa umur kita, semakin kita menyadari banyak hal-hal penting di dalam hidup yang mungkin tidak kita hargai. Ketika masih muda dan hebat, kita bisa saja memiliki kesombongan. Kita tidak akan menyadari kesalahan kita sebelum kita mencicipi akibat dari kesalahan itu. Rocky Balboa ingin meneladankan bahwa bagaimana buruknya situasi hidup yang kita alami, hal itu adalah bagian dari hidup. Namun hal itu bukan berarti membuat kita diam dan pasrah. Kita memang harus menerima pukulan-pukulan kehidupan yang menyakitkan, namun jangan lupakan bahwa pada dasarnya Tuhan menciptakan kita untuk dapat menerima pukulan-pukulan tersebut. Jangan salahkan situasi atau orang lain atas kemalangan yang kita alami. Terima pukulan itu, dan berusaha untuk bangkit lagi. Rocky Balboa menunjukkan sebuah seni untuk bertahan dalam kesesakan jiwa.


Walau film ini adalah film tinju, namun adegan-adegan yang dipertontonkan masih dalam batas kewajaran dan sportifitas olahraga. Film ini cocok untuk disaksikan bersama keluarga tercinta dan alangkah baiknya apabila setelah menonton film ini, Anda dapat mendiskusikan nolai-nilai moral yang ada dalam film ini. Apabila Anda belum menonton film ini, segera sewa filmnya dan alami sebuah cerita yang akan menginspirasi jiwa Anda. (jak)

 Film Rocky Balboa dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)