Kamis, 11 November 2010

Lebih Dari Sekedar Guru

Bersetting di Los Angeles, Freedom Writers diangkat dari kisah nyata mengenai perjuangan seorang guru SMA Wilson, Erin Gruwell (Hillary Swank). Erin adalah seorang guru baru yang mengajar bahasa Inggris kelas 1. Di SMA ini berlaku sistem kelas unggulan dan kelas buangan dengan fasilitas yang berbeda.  Erin ditempatkan di kelas buangan dengan murid-muridnya yang kasar,keras, dan setiap harinya berhadapan dengan risiko ditembak karena terlibat geng. Sangat berbeda dengan apa yang dibayangkannya.


Dia berperang dengan paradigma murid-muridnya dan sistem sekolah (guru-guru) yang tidak peduli terhadap masalah murid-murid mereka. Disamping keterkejutannya terhadap situasi sekolah dan kelas dimana dia baru menjadi guru, Erin bekerja ekstra seusai sekolah untuk membelikan mereka buku bacaan. Ya, membelikan buku bacaan karena dilarang meminjam buku untuk kelasnya di perpustakaan sekolah. Tidak hanya itu, dia juga bekerja part-time di hotel ternama untuk dapat membawa mereka field trip sebab sekolah tidak mau mengijinkan dan mengeluarkan uang untuk murid-murid kelas buangan. Seumur hidup mereka hingga SMU, baru kali itu mereka mendapatkan buku baru serta keluar kota dan mengikuti field trip.


Erin berhasil mengubah pandangan murid-muridnya terhadap kehidupan dengan kepeduliannya yang tulus terhadap murid-muridnya dan pengabdian totalnya. Saking totalnya sampai suaminya menceraikan dia. Kehidupan murid-muridnya berubah karena mereka menyadari arti hidup mereka. Erin menyalakan harapan dalam hati mereka. Memberikan harga diri dan menginspirasi hidup para muridnya. Bersama murid-muridnya, Erin mendirikan Yayasan Freedom Writers. Film keluaran Paramount Pictures-MTV Films ini sangat menyentuh dan … a MUST-SEE MOVIE!!!

Ditulis oleh: bee
(bee@moviepos.net)

 Film Freedom Writers dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)