Rabu, 10 November 2010

Selalu Ada Kesempatan Kedua

Kali ini saya akan membawa Anda untuk melihat-lihat apa yang ada dalam film "Ghost Town". Judul "Selalu Ada Kesempatan Kedua" di atas mungkin ada benarnya. Tapi itu berlaku bagi manusia, bukan bagi hantu. Sebagian besar manusia, semasa hidupnya, tidak akan benar-benar menyadari kesalahan yang mereka perbuat sampai mereka kena batunya. Bagus kalau masih ada kesempatan untuk memperbaikinya. Tapi bagaimana kalau mereka menyadarinya ketika mereka sudah meninggal? Itulah yang dialami Frank (Greg Kinear) ketika kecelakaan menimpanya di siang bolong. Frank sedang menelpon kekasih gelapnya ketika sebuah benda besar jatuh menimpanya dan merenggut nyawanya saat itu juga. Dari sini, Frank adalah hantu.

Tidak jauh dari situ, terdapat seorang dokter gigi anti-sosial bernama Dr. Pincus (Richard Gervais) yang sehari-harinya hidup eksklusif dengan dirinya. Dr. Pincus menikmati kesendiriannya sampai suatu ketika dia harus menjalani operasi kecil di sebuah rumah sakit. Operasi kecil yang berdampak besar bagi hidupnya karena terjadi malapraktek sehingga sempat membuatnya "mati suri". Setelah peristiwa itu, Dr.Pincus bisa melihat hantu yang berkeliaran di kota itu, termasuk Frank.


Hantu-hantu yang berkeliaran di kota merupakan arwah-arwah penasaran karena mereka meninggalkan beban, tugas, bahkan permintaan maaf pada orang-orang terdekat mereka. Frank yang pertama kali menyadari bahwa Dr.Pincus bisa melihat hantu kemudian berusaha meminta bantuan untuk menyampaikan permintaan maaf pada istrinya, Gwen (Tea Leoni). Berbagai adegan konyol (tapi manis) akan Anda saksikan ketika Dr. Pincus mulai bersahabat dengan Gwen (dengan tujuan untuk membantu Frank tentunya). 


Siapa yang menyangka kalau persahabatan dengan Gwen mulai mengubah hidup Dr.Pincus yang semula anti-sosial. Ya, Anda pasti telah menduganya kalau Dr. Pincus akhirnya jatuh hati pada Gwen. Well, saya tidak akan melanjutkan apa-apa lagi di sini. Anda harus melihat dan menikmati "Ghost Town" sendiri. Pesan sosial yang bisa kita pelajari dari film ini adalah kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam hidup kita, termasuk ajal kita tentunya. Memang selama kita hidup, Tuhan masih memberi kita kesempatan kedua, tapi apa salahnya kalau kita menjalani hidup kita dengan sebaik-baiknya setiap saat?

Selain karakter-karakter yang gampang disukai (terutama Dr.Pincus) film ini merupakan sebuah komedi romantis manis dengan tema cerita yang ringan tapi nggak pasaran. "Ghost Town" cocok untuk ditonton ketika pikiran Anda penat dan jenuh dengan aktivitas sehar-hari yang menekan. Hey, take a break and relax your mind...
Ditulis oleh: jak
(jak@moviepos.net)

 Film Ghost Town dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)