Jumat, 05 November 2010

Think Pink: Marie Antoinette


Marie Antoinette (2006) memang bukan film rilisan terbaru, tapi komposisinya yang fashionable terlalu keren untuk dilewatkan! Film ini memenangkan Academy Awards untuk Best Costume lho! Disutradari oleh si jenius kesayangan kita, Sofia Coppola (Lost in Translation); film ini diadaptasi dari biografi karya Antonia Fraser mengenai kehidupan sang ratu Perancis saat mendekati masa Revolusi Perancis, melalui sudut pandangnya sendiri yang unik dan menimbulkan simpati. Dengan sentuhan ajaibnya, Sofia Coppola menyuguhkan pada penonton kehidupan socialite Perancis yang stylish, hip dan modern.
Kirsten Dunst yang penuh bakat dipilih menjadi pemeran utama, putri yang kemudian menjadi Ratu Antoinette. Berdampingan dengan Jason Schwartzman, Raja Louis XVI dan Jamie Dornan yang memerankan Count Versen, kekasih Ratu. Penampilan para aktor terinspirasi dari bintang rock tahun 80an Adam Ant. Super cool!                                  

Salah satu daya tarik film ini adalah settingnya. Produksi ini adalah yang pertama dan satu-satunya yang mendapatkan akses untuk melakukan shooting di  Istana Versailles, termasuk istana pribadi Petit Trianon dan Hameau de la Reine; tak ketinggalan Paris Opera House yang terkenal. 
                                                 
Tak hanya berhenti sampai di sana, film ini memiliki serangkaian kostum yang benar-benar high-fashion. Think Pink! adalah kata kuncinya. Girly, pink, sugary, sweet dan tentu saja luar biasa beautiful! Designer utama Milena Canonero beserta 6 asisten menrancang gaun, topi, jas, serta berbagai aksesorisnya. Masih dirasa belum cukup 10 rumah persewaan busana juga dipekerjakan. Hanya untuk transportasi seluruh kostumnya saja, disediakan khusus 7 sopir. Best part, sepatu pada film ini dibuat khusus oleh Manolo Blahnik!!! Dan tentu saja ada ratusan wig dan hair extention yang disuplai oleh Rochetti & Rochetti. Kalau pada akhirnya film ini berhasil memenangkan Oscar untuk Best Costume Design, sama sekali tidak mengherankan.
                        

Banyak kritikus yang berpendapat Marie Antoinette kekurangan substansi politik dan sejarah. Namun film ini sungguh adalah sebuah festival visual yang menggiurkan, fashion show yang tak terlupakan. Para penggemar fashion, tentunya sama sekali tak keberatan kan menghabiskan 123 menit untuk menyaksikan parade busana diiringi musik New Wave dan Post Punk keren dari soundtracknya.

Ditulis oleh: Fe
(fe@moviepos.net)

 Film Marie Antoinette dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)