Selasa, 23 November 2010

Penelope si Hidung Babi


Penelope merupakan dongeng modern yang memiliki alur berbeda dan unik jika dibandingkan dengan kisah dongeng lainnya. Dibuka dengan hiruk pikuk kelahiran seorang anak perempuan dari sebuah keluarga ternama, Wilhern, cerita langsung mundur ke beberapa generasi sebelumnya dimana kakek buyut anak perempuan ini jatuh cinta kepada seorang pelayan dan pelayan tersebut hamil. Sang kakek buyut sebenarnya hendak menikahi si gadis pelayan, namun - sebagai keluarga bangsawan - keluarganya menertawakan ide konyol tersebut. Kakek buyut pun menikah dengan gadis yang sederajat dengannya. Patah hati karena dikhianati, si gadis pelayan bunuh diri. Ibu dari pelayan itu adalah seorang tukang sihir di kota tersebut. Ia menebar kutukan kepada keluarga bangsawan itu: Anak perempuan yang lahir dari garis keturunan si kakek buyut akan berwajah babi. Kutukan itu hanya bisa terlepas apabila "salah satu dari mereka menerima dia sebagai miliknya hingga maut memisahkan".


Dan ... sudah bisa ditebak, anak perempuan yang dilahirkan itulah yang berwajah babi. Tidak terbayangkan betapa syoknya orang tuanya. Mereka menutup diri mereka dan rumah mereka dari orang luar, mengurung anak mereka di dalam rumah. Delapan belas tahun berlalu semenjak waktu itu, orang tua Penelope (gadis berwajah babi) mulai bingung mencarikannya jodoh dari keluarga terpandang, yang sama-sama berasal dari keluarga bangsawan/ sederajat dengannya, yang dapat menerima Penelope apa adanya sampai maut memisahkan.  


Ternyata ... bukan seorang pria berdarah biru yang bisa membebaskan Penelope dari kutukannya, melainkan dirinya sendiri. Ya, penelope sendirilah yang dapat membebaskan dirinya dari kutukan wajah babi. Saat dia dapat menerima dirinya sendiri apa adanya, wajah babinya lenyap dan berganti menjadi wajah manusia normal lainnya. Film yang sangat ringan dan terkesan kanak-kanak/remaja ini mengingatkan kita untuk bisa menerima (kelemahan) diri kita sendiri. Simpel, namun penting. Sebab penerimaan akan diri sendiri adalah kunci untuk dapat menerima orang lain dan menikmati hidup. 

Ditulis oleh : Bee
(bee@moviepos.net)

 Film Penelope dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)