Kamis, 02 Desember 2010

Harga Sebuah Kebebasan


Dari tujuh nominasi yang didapatkan Shawshank Redemption pada perhelatan Oscar tahun 1995, tidak ada satu pun penghargaan yang didapatkan. Dilihat dari segi komersial, film arahan Frank Darabont ini pun hanya memperoleh pendapatan $58,500,000 di seluruh dunia. Fakta yang cukup mengenaskan untuk mengatakan kalau film ini adalah film yang sukses. Namun, Shawshank Redemption adalah film terbaik sepanjang masa versi website film database terkemuka di dunia imdb. Film yang diadaptasi dari novel karya Stephen King ini memiliki rating tertinggi dari seluruh film yang ada. Banyak yang mengatakan (termasuk saya pribadi), film ini memiliki penuturan cerita paling sempurna. 


Penasaran kan? Sebenarnya apa yang membuat film ini begitu bagus seperti yang dikatakan paragraf pertama di atas? Pertama-tama, walaupun Stepehen King terkenal sebagai penulis novel horor, Shawshank Redemption bukanlah film horor. Jauh dari pada tema horor, film ini adalah sebuah drama yang memiliki cerita paling manusiawi dan realistis. Tidak ada kisah fairy tale di sini, yang ada hanyalah sebuah cerminan kehidupan keras yang dialami oleh seorang karakter yang tidak pernah menyerah dalam hidupnya. Berkisah mengenai Andi Dufresne (Tim Robins), bankir yang dijebloskan ke dalam penjara Shawshank karena dituduh membunuh istrinya. Andi dipaksa untuk membayar kesalahan yang tidak diperbuatnya karena sebenarnya dia tidak membunuh istrinya. Penjara Shawshank sendiri memiliki reputasi sebagai penjara yang  telah merampas semua harapan hidup dan masa depan semua napi. Semua napi kecuali Andi. Walau mengalami penderitaan demi penderitaan di dalam penjara, Andi tetap tidak kehilangan harapannya untuk bebas. Dia menolak untuk menyerah ketika semua napi telah menyerah. Sebuah perjuangan bertahun-tahun yang begitu menginspirasi kita untuk tidak pernah kehilangan harapan di situasi seburuk apa pun. Andi Dufresne mencontohkan hal itu dalam film ini.


Kelebihan utama dari film ini adalah plot ceritanya yang begitu rapi dan semua penjelasan mengenai perjuangan Andi sepanjang film dijelaskan dengan senpurna di akhir cerita. Sebuah cara penuturan yang membuat saya merinding dan takjub. Kalau Anda memerlukan motivasi untuk menyemangati Anda dalam menghadapi hidup yang semakin berat ini, tontonlah Shawshank Redemption. Film ini mengajarkan bahwa sebuah ketekunan dapat mengubah sesuatu yang tampak mustahil menjadi mungkin. The best film story ever!

Ditulis oleh : Jak
(jak@moviepos.net)

 Film Shawshank Redemption dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)