Kamis, 06 Januari 2011

HOT REVIEW: Centurion

Sejak film Gladiator dibuat beberapa tahun silam, film dengan tema kolosal perang mendadak tenar. Banyak film-film setipe menyusul dan dari semuanya itu ada yang super bagus, bagus, dan biasa-biasa saja. Nah, Centurion termasuk dalam film tema kolosal perang kategori bagus.


Apa jadinya kalau Anda seorang prajurit Romawi yang terjebak di dalam daerah musuh dan Anda diburu untuk dibunuh? Film Centurion mencaeritakan sebuah ironi perang dimana sepasukan Romawi, yang biasanya diceritakan begitu perkasa dan superior, kali ini menjadi seperti pecundang yang berusaha untuk menyelamatkan nyawa mereka dari buruan musuh. Tidak seperti film kolosal lain yang mengutamakan adegan peperangan kolosal, Centurion lebih fokus terhadap jalan cerita tentang bagaimana sekelompok prajurit Romawi menyelamatkan diri. Bisa dikatakan film ini bukanlah film perang murni tapi sebuah film ajang survival.


Akting paling menonjol dalam film ini adalah aktris Olga Kurylenko yang memerankan tokoh Etain. Walaupun wanita, karakter Etain akan sanggup membuat para pria gentar. Selain itu, aktor Michael Fassbender juga memerankan tokoh utama Quintus Dias dengan sangat baik. Cerita dimulai dari karakter ini sedang berlarian seorang diri di padang salju. Dia berkata bahwa adegan ini bukanlah awal dan akhir dari cerita. Kemudian cerita dimulai lagi dengan flashback. Sebuah cara baru yang menarik untuk memulai sebuah film. Jalan cerita dari awal sampai klimaks mengalir dengan baik. Kita sebagai penonton akan dibawa ke dalam sebuah ajang survival yang menegangkan. Perjuangan sekelompok prajurit Romawi untuk menghindari kejaran musuh benar-benar mendebarkan sekaligus mencekam. Membuat kita bersimpati pada mereka, terutama tokoh utamanya, supaya selamat dan hidup pada akhir film. Akhirnya, perjuangan mendebarkan ini ditutup dengan klimaks yang sangat memadai dan tentu saja tidak gampang ditebak. Faktor ini tentu saja sangat vital untuk menghindari kekecewaan penonton.


Adegan kolosal dalam film Centurion mungkin tidak terlalu menonjol dibandingkan lainnya tapi cerita yang ditawarkan sangat kuat. Dan yang paling penting, siapkan diri Anda sebelum menonton film ini karena akan ada beberapa adegan perang yang sangat sadis. Adegan-adegan tersebut ditampilkan secara jelas dan nyata. Kalau punya anak kecil, jangan diajak nonton film ini (jak)

 Movie Pos Rating: 8/10