Selasa, 04 Januari 2011

Kekuatan Sebuah Mimpi

Saya pikir Gie, Janji Joni dan Laskar Pelangi adalah film Indonesia terbaik yang pernah saya tonton. Ketiga film itu membuat saya memiliki keberanian untuk mengatakan pada dunia, "Orang Indonesia juga bisa bikin film". Bukan hanya asal bikin, tapi benar-benar menciptakan sebuah karya visual yang kaya dengan inspirasi. Kini, ada satu film lagi yang telah masuk ke deretan terbaik yaitu "Sang Pemimpi". Film produksi tahun 2009 ini pantas untuk masuk dalam label "Inspiration Movie" kali ini.


Setelah membaca berbagai macam pujian di atas, Anda mungkin bertanya,"sebenarnya film seperti apa sih ini?" Saya akan bertanggung jawab untuk menjelaskan pujian-pujian setinggi langit saya di paragraf pertama. Semua orang tahu kalau novel-novel (maupun kisah hidup) dari seorang Andrea Hirata adalah top notch! Namun, apa yang akan saya tulis di sini adalah "Sang Pemimpi" bukan sebagai karya novel tapi sebagai sebuah karya sinema yang penuh dengan inspirasi. Mulai dari pemilihan pemeran, karakter yang dimainkan oleh para aktor, penataan cerita, sinematografi sampai original score (musik) nya telah menjadi sebuah satu kesatuan yang luar biasa. Riri Riza, sang sutradara, begitu telaten dalam meramu segala unsur-unsur di atas,  membuat film ini berbicara mengenai kualitas. Kalau ngomong mengenai kualitas di perfilman Indonesia, kita akan membutuhkan banyak waktu untuk membahasnya. Tapi, tidak ada gunanya membahas sesuatu yang semua orang sudah tahu. "Sang Pemimpi" adalah sebuah perkecualian.


Menonton "Sang Pemimpi" tidak seperti menonton sebuah film drama yang membuat mengantuk. Selain ceritanya yang memang menginspirasi, film ini begitu hidup dengan berbagai macam humor yang jujur dan tepat sasaran. Gaya penceritaan dari tiga masa para tokoh utama berjalan begitu halus sehingga penonton dibawa berpetualang bersama mereka. Ikal dan Arai sangat gampang disukai dan kita seakan ingin terus mengetahui apa yang akan terjadi dengan mereka berikutnya.


Saya agak menyesal karena bisa dibilang saya sangat terlambat menonton film ini. Saya yakin sudah banyak orang Indonesia yang telah menontonnya. Tapi artikel ini sebenarnya ditujukkan pada movie lover yang belum menontonnya. Setelah menonton film ini, jiwa saya dibakar kembali untuk mengejar mimpi saya. Mimpi adalah bahan bakar yang dapat menjalankan mesin kehidupan kita. Mari ciptakan (bagi yang belum memiliki) dan bangkitkan (bagi yang sudah memiliki) mimpi Anda lewat film ini!   

Ditulis oleh: Jak
(jak@moviepos.net)

 Film Sang Pemimpi dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)