Kamis, 24 November 2011

(500) Days of Summer Retro Chic Style


Film unik (anti) komedi romantis (500) Days of Summer adalah film yang sungguh tak boleh dilewatkan oleh Fashion lovers. Mulai dari tarik magnetis Zooey Deschanel, sang pemeran utama hingga jalan ceritanya yang menarik, ditambah lagi wardrobe yang menawan sepanjang film. Apa fashion lovers sadar bahwa Zooey selalu mengenakan pakaian bernuansa biru pada tiap adegan film? Kenapa ya? Penasaran kan? Nah, berikut ini adalah petikan wawancara dengan costume designer Hope Hanafin: 
Ada apa dengan warna biru yang selalu dikenakan karakter Zooey? Ngga mungkin kan itu cuma kebetulan?
Itu adalah instruksi yang diberikan oleh Marc Webb untukku. Zooey memiliki warna mata kebiruan yang sangat mempesona, jadi ia ingin karakter itu berbusana dengan nuansa biru. Jadi Zooey mengenakannya di sepanjang film, dan yang lebih penting, tidak ada karakter lain yang mengenakan warna tsb.     


Jadi saat anda mulai merencanakan wardrobe Zooey, anda hanya mencari kain-kain dan aksesoris berwarna biru?
Benar sekali! Warna biru sangat cocok dengan warna mata Zooey, tapi itu juga dimaksudkan untuk nuansa romance dari sudut pandang pria. Pada adegan pertama audiens melihatnya, Zooey mengenakan kemeja putih, tapi dengan aksesoris kupu-kupu warna biru. Aku hanya ingin membuatnya tampil mencolok di antara yang lain. Karena ia adalah object of desire dalam sebuah ruangan yang penuh sesak dan Tom (Joseph Gordon-Levitt) harus langsung tertarik padanya. Zooey menjadi magnet.

Adegan lain dimana warna biru sangat menonjol adalah pada adegan dansa. Seluruh set dan semua karakter yang terlibat berwarna biru –para pekerja konstruksi, tukang surat, pegawai kantor. Maknanya adalah semua kebiruan tersebut adalah refleksi cinta Tom untuk Summer.

Bagaimana anda berbelanja wardrobe Zooey?
Sebagian besar busana yang dikenakannya vintage. Aku menaruh respek pada film komedi romantis yang para aktrisnya mengenakan Prada, atau merk terkenal lainnya, tapi aku ingin film ini menjadi seperti anti-Sex and the City. Jadi karakter Zooey mengenakan pakaian yang terjangkau. Ada juga beberapa baju yang dipakai beberapa kali. Kebanyakan wardrobenya adalah mix-and-match dari beberapa tempat seperti Old Navy, GAP, BCBG. Walaupun ada juga beberapa potong yang berasal dari rumah busana ternama.


Kami semua ingin tahu dua gaun Zooey yang luar biasa mempesona, dikenakannya pada dua scene penting, saat pesta pernikahan salah satu kolega (bawah kiri) dan satu lagi saat pesta rooftop (bawah kanan)!
Gaun yang dikenakan pada pesta pernikahan berasal dari Western Costume. Yang kusukai dari gaun itu adalah strukturnya yang arsitektural. Jadi dalam adegan ini, ada seorang pria, yaitu Tom yang adalah arsitek, kemudian ada gaun romantis tersebut yang tersusun dari garis-garis tegak lurus. Gaun itu mengingatkanku pada garis-garis yang diguanakan arsitek saat ia menggambar, jadi aku langsung jatuh cinta pada gaun itu. Gaun bermotif floral yang digunakan pada pesta rooftopp itu vintage dari Palace Costume.

Nah sekarang, kalian mengerti jelas kan desain kostum dari film ini. Jadi tidak semua wardrobe film komedi romantis bermerk terkenal lho… Walaupun “hanya” vintage dan merk high street tapi tetap saja kita semua tak bisa melepaskan pandangan kita dari Zooey Deschanel yang modis dan menawan. Coba saja tonton filmnya kalo ngga percaya…

Ditulis oleh: Fe
(fe@moviepos.net)

 Film 500 Days of Summer dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)