Jumat, 09 Desember 2011

Bagus/Nggak? - Trespass

Nama Joel Schumacer telah banyak membuat film-film dengan berbagai genre. Di antara lainnya, genre yang paling disukai olehnya adalah genre thriller. Sayangya apa yang disukainya buka keahliannya. 


Movie Pos tidak ingat pernah melihat film dimana tokoh antagonisnya sangat kacau. Kacau di sini berarti bukan karena mereka jahat tapi karena mereka sangat mudah ditebak. Trespass membuat mereka tampak konyol, memalukan dan memuakkan. Dalam film genrre thriller, tokoh-tokoh antagonis pada umumnya meneror tokoh utama dari awal cerita sampai akhir. Mereka biasanya begitu lihai dan menakutkan. Walau tetap akan kalah di akhir cerita, tapi setidaknya mereka akan meninggalkan kesan teror yang mencekam pada para penonton sepanjang film. Di film ini, para tokoh ini sungguh kacau. Mereka hanya menggertak dengan ancaman tak konsisten yang bahkan tidak membuat sang pemeran utama benar-benar takut. Sungguh memalukan. Kata-kata sumpah serapah dan kekerasan nanggung menjadi senjata tumpul yang menguak kekalahan mereka lebih cepat. Film belum berakhir, tapi penonton sudah tahu kalau mereka bakal kalah akibat kebodohan mereka.


Oke, Bung Joel berhasil meyakinkan para produser untuk merekrut Nicolas Cage dan Nicole Kidman sebagai pemeran utama. Walau umur mereka sudah tidak muda lagi, nama mereka masih tetap menarik rasa penasaran penonton. Joel mengkin sejak awal sudah nggak pe-de dengan naskah cerita konyol yang disodorkan oleh penulis naskah, Karl Gajdusek. Oleh karena itu dia berharap akting duo Nic (Nicolas dan Nocole) akan membantu banyak. Ternyata hasilnya sama saja. Naskah dan dialog yang jelek tidak akan membantu akting sebaik apa pun. Sutradara berumur 72 tahun ini mendapatkan naskah murahan karya penulis naskah film debutan untuk film ke-30 yang telah disutradarainya. Naskah yang parah ini setidaknya akan tertolong kalau memang dia ahli di genre ini. Tapi kalau melihat track record-nya, Joel Schumacer memiliki daftar film thriller yang gagal secara komersil maupun kritik. Number 23-nya Jim Carrey adalah salah satunya. 


Untuk Anda yang tetap ingin menonton film ini karena penasaran akan duet Nicolas Cage dan Nicole Kidman, silahkan saja. Tapi bersiaplah untuk kecewa dengan ceritanya ketika film berakhir. (jak)

 Movie Pos Rating: 5/10 
Rating: Dewasa
Untuk adegan kekerasan dan kata-kata sumpah serapah pada dialog film

Untuk mengetahui jadwal nonton film ini, Anda bisa klik di sini