Jumat, 11 Mei 2012

Bagus/Nggak? - The Avengers

Sebuah pesta semalam suntuk dari film super hero.


Sejak Batman Begins, banyak sutradara yang mengadaptasi ulang film superhero dengan format yang serius dan kelam. Banyak yang berhasil memang. Tapi para pengekor Christopher Nolan lama-kelamaan mulai salah kaprah dan penonton pun mulai gerah. Lalu muncul Joss Whedon. Sang sutradara ini tidak ingin mengekor Christopher Nolan. Dia sudah memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat film. Sama seperti Nolan, dia bukanlah pengikut trend, tapi pembuat trend. He has his own style! Dan gaya-nya berbeda dengan versi serius ala Nolan. Joss Whedon mampu mengeluarkan esensi sebenarnya dari film superhero yaitu film tersebut diadaptasi dari komik aksi. Komik-komik aksi ala AS memiliki ciri khas bombastis yang membuat pembacanya mengalami sensasi menegangkan dari sisi aksi-nya dan tertawa dari sisi humornya. Inilah esensi sebenarnya ketika kita membaca komik.


Joss Whedon mengerti hal ini dan memuncilkan "ruh" ini dalam film The Avengers. Dalam film ini, semua unsur dalam komik aksi dikelola Mister Whedon dalam porsi yang seimabng. Tidak ada adegan aksi yang over bombastis atau humor-humor berlebihan yang tidak lucu. Semua ditampilkan dalam porsi yang pas. Sangat menyenangkan menonton The Avengers. Movie Pos menikmati setiap adegan dari awal sampai akhir film dengan puas. Ini tipe film dimana kita merasa untung telah membeli tiket nonton, malah harga tiket dengan kepuasan yang didapat terkesan murah. Keunggulan lain dari The Avengers-nya terletak pada para aktor yang memerankannya. Setiap aktor kelas A tersebut tidak main-main memerankan karakter mereka. Mereka tampak begitu alami dan serasa karakter mereka adalah mereka sendiri. interaksi di antara mereka pun mengalir dengan tidak canggung. Naskah cerita sangat baik dalam menempatkan porsi peran mereka. 


The Avengers adalah tipe film yang sayang untuk dilewatkan. Apa yang Anda cari dari sebuah film yang menghibur ada semua dalam The Avengers. Selamat menonton. (jak)

 Movie Pos Rating: 9/10 
Rating: Bimbingan Ortu
(Kandungan adegan kekerasan)
Untuk mengetahui jadwal nonton film ini, Anda bisa klik di sini