Sabtu, 21 Juli 2012

Bagus/Nggak? - The Dark Knight Rises

Sambutlah, film terbaik tahun 2012!


Sebuah kalimat yang berani. Namun Movie Pos memiliki keraguan besar bahwa akan ada film lain yang sebrilian The Dark Knight Rises di sisa tahun ini. Pada saat menonton perdana film ini di bioskop, Movie Pos seakan terhipnotis oleh kejeniusan Christopher Nolan dalam mengolah seluruh elemen film yang ada, mulai dari akting  pemeran, cerita, plot, musik ilustrasi, sinematografi, sampai dialog. Suasana di bioskop begitu hening. Ternyata Movie Pos menyadari bahwa para penonton lain pun mengalami hal yang sama dengan Movie Pos. Tidak ada suara celetukan atau senda gurau bisik-bisik dari para penonton yang nakal. The Dark Knight Rises tidak mengijinkan atmosfernya dirusak oleh siapa pun dan apa pun. Semuanya terdiam menyaksikan betapa briliannya sebuah film.


The Dark Knight Rises merupakan sebuah kesimpulan yang dahsyat dari trilogi film Batman. Film ketiga ini tidak mencapai anti klimaks tapi malah menjadi semakin bagus dari dua versi sebelumnya yang notabene juga sudah sangat bagus. Film ini memuaskan segala ekspektasi yang dimiliki Movie Pos sekaligus menjawab semua keraguan penggemar film, terutama dalam hal pemilihan pemeran Bane dan Catwoman. Ya, Bane ternyata merupakan musuh yang tak kalah bagus dengan The Joker. Walau masih di bawah penampilan Heath Ledger dalam memerankan The Joker, Tom Hardy hadir dengan nuansanya sendiri. Ibaratnya kalau The Joker adalah Barcelona, maka Bane adalah Real Madrid. Anna Hathawaypun secara mengejutkan tampil baik sebagai Catwoman. Tapi pada umumnya, para bintang yang bermain di film ini memerankan karakter mereka dengan sangat baik. Porsi akting mereka sangat berimbang dan interaksi emosional di antara mereka pun sangat luar biasa. Tidak ada visual efek komputer yang begitu spektakuler karena Christopher Nolan tidak mengandalkan faktor itu di film ini. Christopher Nolan membawa Batman ke sebuah dimensi realita yang benar-benar nyata. Sangat jauh dari unsur fantasi film-film superhero lainnya. 


Terakhir, unsur dramatis yang ditampilakan dengan gambar-gambar brilian dilengkapi dengan musik latar yang menggetarkan. The Dark Knight Rises tidak diragukan lagi meruapakan sebuah tontonan kelas atas yang akan diingat dalam waktu yang lama. Selain karena kualitasnya, film ini juga memberikan sebuah pesan yang mendalam tentang bagaimana sebuah keberhasilan yang dibangun dari sebuah kebohongan tidak akan bertahan lama. Pesan tersebut dan pesan-pesan lainnya berhasil disampaikan dengan sebuah karya audio visual yang sempurna. (jak)

 Movie Pos Rating: 10/10 
Rating: Dewasa
(adegan kekerasan dan sedikit sensualitas)

 Film Batman Begins dan The Dark Knight dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)