Kamis, 11 Oktober 2012

Bagus/Nggak? - Taken 2

Film Taken pertama yang minim promosi, tiba-tiba meledak menjadi film yang dibanjiri pujian oleh penggemar film. Beban berat buat film kedua.


Beban tersebut terus dipikul dengan memaksakan premis cerita pada Taken 2. Kondisi-kondisi yang sebenarnya sudah selesai pada film pertama dipaksakan untuk dilanjutkan kembali pada film kedua. Jujur, Movie Pos menganggap film Taken bukanlah sebuah film franchise seperti James Bond atau Jason Bourne. Ceritanya sudah berakhir di film pertama dan karena tetap dipaksakan, akibatnya premis ceritanya menjadi lemah. Kalau di film pertama, musuh yang lebih muda dan kuat dapat dikalahkan dengan mudah oleh karakter utama Bryan Mills (Liam Neeson) apalagi para orang tua mereka (bukan bermaksud mendiskreditkan orang tua)? Motif balas dendam yang terkesan dipaksakan dan janggal sungguh sangat lemat dijadikan cerita pada film ini. Pemulihan hubungan antara Bryan dan mantan istrinya yang telah menikah dengan orang lain juga terkesan dibuat-buat. Jempol ke bawah untuk premis ceritanya.


Terlepas dari semua kelemahan di atas, Taken 2 tetap setia pada ciri khas yang membuat film ini disukai. Dominasi Bryan Mills dalam menghajar musuh-musuhnya dengan pengalaman dan keahlian intelejen benar-benar mengundang decak kagum. Bryan Mills tidak hanhya menggunakan otot tapi juga otak. Salah satu adegan favorit Movie Pos adalah ketika Bryan tetap fokus dengan menghitung timing lokasi tempat dia akan dibawa oleh para penjahat. Sangat pintar! Plotnya pun tidak terlalu jelek. Kita tidak bisa menduga apa yang terjadi selanjutnya dan sutradaranya berhasil membuat para penonton harap-harap cemas dengan keselamatan keluargan Bryan. Walau premisnya jelek, untunglah kharisma Liam Neeson dan plot cerita yang tak terduga masih bisa menyelamatkan film ini.


Taken 2 adalah film aksi yang mengandung adegan kekerasan dan sedikit sensualitas pada awal film. Tentunya film ini bukan tontonan yang cocok bagi anak-anak kecil. Akhirnya, Movie Pos menyimpulkan bahwa Taken 2 tidak teralalu jelek-jelek amat namun alangkah bijaksana apabila para produser filmnya tidak melanjutkan film ini di Taken 3. (jak)

 Movie Pos Rating: 7/10 
Rating: Dewasa
(Adegan kekerasan dan sedikit sensualitas)


 Film Taken yang pertama dapat disewa di: 
 Wins Disc (Hubungi: 031-5945771 / 031-7325412)