Rabu, 27 Maret 2013

Bagus/Nggak? The Croods

Pertama kali melihat poster film ini, Movie Pos tidak tertarik untuk menontonnya sama sekali.


Jujur, desain karakter manusia purba dalam film ini tidaklah menarik. Kurang lucu seperti film-film animasi lainnya. Namun, Dreamworks Animation Studio tidak main-main dalam memproduksi film ini. Deretan pengisi suara yang berasal dari para aktor terkenal seperti Nicolas Cage, Emma Stone, Ryan Reynolds,dan lain-lain membuat Movie Pos tertarik untuk menontonnya. Dan ternyata, film ini luar biasa bagus!! Desain karakter yang kurang menarik ternyata tidak berpengaruh pada kualitas film ini. Aksi-aksi spektakuler, setting yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, humor cerdas, serta nilai moral cerita dalam film ini membuat The Croods menjadi film animasi yang wajib ditonton.


The Croods mematahkan perspektif film animasi yang berdasarkan dunia nyata. Maksudnya, setting The Croods adalah bumi beserta isinya, termasuk manusia. Namun sebuah fantasi ditambahkan di setting nyata ini. Berbekal masa dimana bumi belum berevolusi, para pembuat film ini bebas menciptakan dunia mereka sendiri. Hewan, tumbuhan, dan kemampuan manusia gua yang ditampilkan di film ini mendahului imajinasi para penonton. Ini faktor penting yang membuat para penonton membuat hal yang baru dan unik. Membuat mereka semakin penasaran mengenai dunia The Croods. Cerita yang diusung pun patut mendapat dua jempol. Bercerita mengenai keluarga yang hidup dalam ketakutan untuk bertahan hidup, alurnya terus dibawa menjadi sebuah petualangan yang mengubahkan mental penakut (dan keterbelakangan) keluarga The Croods. Movie Pos yang awalnya tidak menyukai mereka ketika sekilas melihat posternya, perlahan-lahan mulai menyukai mereka. Kepolosan, kelucuan, serta kemauan mereka untuk belajar mempercayai hal-hal baru yang belum pernah mereka alami membuat karakter-karakter mereka disukai di akhir film.


Hiburan non-stop dari awal sampai detik terakhir film (bahkan credit tittle-nya pun menarik) sangat sayang dilewatkan. Nilai-nilai moral yang mengajarkan kita untuk mempercayai hari esok yang lebih baik disampaikan dengan baik dan penuh kelucuan. Aroma kekeluargaan dalam film ini pun membuatnya sangat cocok untuk disaksikan bersama keluarga. Para orang tua bisa bernafas lega untuk mengajak anak-anak mereka yang masih kecil sekalipun untuk menonton film ini.

 Movie Pos Rating: 9/10 
Rating: Semua Umur